0895 4108 90833 info@promowulingbali.com

Melakukan perjalanan bersama keluarga selalu menyenangkan, dan biasa nya persiapan pun tidak kalah seru, apalagi jika rute yang dilakukan cukup jauh. Pemilihan kendaraan juga menjadi salah satu faktor kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan tersebut, salah satunya adalah MPV yang memberikan ruang lega, dari bangku baris pertama hingga baris ketiga. Tidak lupa, kondisi fisik juga harus dijaga agar tetap waspada selama menempuh perjalanan yang jauh.

Tidak dipungkiri bahwa mengemudi dalam jarak yang jauh, akan menimbulkan kejenuhan, tidak hanya bagi pengemudi, namun juga untuk penumpang. Satu hal yang mudah dilakukan adalah melakukan perbincangan dan bahkan canda tawa di dalam mobil, apalagi suasana kabin yang kedap menunjang obrolan bersama keluarga bagai di ruang tamu rumah.

Namun dalam perjalanan jauh, juga diperlukan beberapa barang atau alat penunjang selama perjalanan. Berikut beberapa barang yang wajib dibawa selama perjalanan jauh.

Segitiga Pengaman atau Segitiga Reflektor

Ini adalah salah satu alat krusial yang harus ada di mobil. Alat “sederhana” ini berfungsi memberikan tanda atau sinyal kepada pengemudi lain bahwa kendaraan kita dalam keadaan darurat. Plastik yang dominan warna merah ini adalah reflektor yang diharapkan dapat terlihat dari jauh. Penempatan segitiga pengaman ini pun ada ketentuannya, minimal 3 meter dari jarak mobil kita berhenti, namun sebaiknya diletakkan lebih jauh sekitar 10 meter dari lokasi mobil kita, agar kendaraan dapat melihat dari kejauhan, atau masih ada jarak untuk menghindar, seandainya berada di jalur yang sama dengan mobil kita.

Kotak P3K

Disebut juga dengan First Aid Kit, Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) pada kendaraan wajib ada. Biasanya diletakkan di laci depan atau di belakang. Umumnya, isi P3K antara lain adalah; kain kasa, plester berbagai ukuran, salep antibiotic, kain basah antiseptic, gunting, obat merah, perban gulungan berbagai ukuran, senter, pinset, dan tidak sedikit kotak P3K yang berisi panduan pertolongan pertama. Diharapkan kotak tersebut tidak pernah digunakan selama perjalanan. Perlu diperhatikan bahwa isi kotak ini harus secara periodik diperiksa karena ada beberapa item yang memiliki kadarluasa, sejumlah antiseptik memiliki tanggal “sebaiknya digunakan sebelum…”.

Peralatan atau Perkakas Mobil

Walaupun perkakas mobil merupakan standar di mobil, namun tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa sebelum keberangkatan apakah perkakasnya lengkap, karena ada kalanya digunakan untuk keperluan lain yang kemudian terlupakan untuk dikembalikan pada kendaraan tersebut. Yang utama adalah dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng dan lainnya.

Ban Cadangan

Hampir setiap kendaraan memiliki ban cadangan, umumnya diletakkan dibelakang, di bawah lantai bagasi atau di luar bagian bawah tersembunyi di balik bumper belakang. Bila ban cadangan memiliki ukuran yang sama, jangan lupa untuk segera servis ban yang kempis agar saat diperlukan kembali, ban ‘cadangan’ dalam kondisi terisi angin. Bila ban cadangan merupakan space saver, harus dicatat bahwa ada batas maksimal dalam berkendara, yaitu tidak lebih dari 80 km/jam dan jangan digunakan pada jarak lebih dari 30 km, karena ini merupakan substitute tyre berukuran yang beda dengan 3 ban lainnya.

Kabel Jumper Aki Mobil

Selalu sedia payung sebelum hujan, selalu sedia kabel jumper aki sebelum soak. Walaupun aki sering diperiksa dan termasuk dalam perawatan rutin, membawa kabel jumper aki adalah keharusan. Karena problema tidak melulu terkait aki, ada kemungkinan masalah kelistrikan, sehingga harus dilakukan jumper. Bila tidak diperlukan, mungkin ada pengemudi lain yang sedang membutuhkan dan Anda ada dan bersedia membantu pengemudi lain.

1
Hallo, Selamat Datang.

Dapatkan Promo dan Penawaran Spesial Dari Kami.
Mau Dp Rendah & Angsuran Ringan?

Hubungi Kami!!
Powered by